RSS

pa sich badanya Sistem Informasi ma juRusan Computer lain??

Sistem Informasi tu paan sich??swear dulunya aq gag taw apa-apa tentang Sistem Informasi.Awalnya ada presentasi dari ITS ke SMA.Pada waktu mendekati UAN uda pasti bingung kan??takut lulus apa gag y,,uda gto mo nglanjutin ke mana y??jadi bingung kan.Aduh gag taw dech pokoknya pas waktu itu. Nah pas presentasi ituLah tiba-tiba muncul ide untuk bertanya pada seorang pemandu, namanya mas Budi_32(anak SI 2007). trus aq juga cari-cari informasi di internet, alhasil kutemukan info tentang Sistem Informasi. mulai saat sudah kubulatkan tekadku buat masuk Si. Dan alhamdulillah masuk di jurusan Sistem Informasi ITS Cak!!hhehehe, kerend gag?? Sebenarnya sampai sekarangpun aq belum bisa menjelaskan secara rinci perbedaan antara SI dengan jurusan yang lain. Yang aq ketahui dan yang aqingat saat IPT, TC yang membuat program sedangkan SI yang mengelola program-program tersebut. SI diarahkan kepada manajemen yang berfungsi untuk pengelolaan.aq menemukan artikel 'Computing Curricula 2005' di situs detikinet.com yang menjelaskan sedikit mengenai perbedaan jurusan-jurusan komputer yang ada. Computer Engineering (CE) mempelajari antara lain tentang bagaimana mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer yang baik. Ilmu yang terlibat adalah tentang hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami proses interaksi antar bagian tersebut.

  • Computer Science (CS) mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotik, computer vision, intelligence system, bio-informatika, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus memelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar-dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya.

  • Information Systems (IS) mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien

  • Information Technology (IT) mempelajari antara lain tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman.
Selain itu aspek non-teknis semisal memahami kebutuhan dari
pengguna akhir, menterjemahkan kebutuhan manajemen, dan hal-hal praktis lainnya juga dipelajari.

  • Software Engineering (SE) mempelajari antara lain tentang bagaimana merancang-bangun dan memelihara sebuah sistem software yang reliabel, efisien, efektif serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari kustomer atau pengguna. Di beberapa forum diskusi yang saya baca di website ternyata banyak yang belum tahu mengenai perbedaan jurusan sistem informasi dengan jurusan komputer yang lainnya, bisa dikatakan banyak yang belum tahu mengenai perbedaan antara jurusan komputer yang satu dengan jurusan komputer yang lain. Menurut saya sebenarnya semua jurusan komputer tersebut berawal dari satu jurusan yang di dalamnya terdapat jurusan-jurusan yang lain. Seperti sistem informasi yang dulunya merupakan salaha satu program studi dari Teknik Informatika, tapi karena satu dan lain hal ( apa ya? ) sastem informasi kemudian dibentuk sendiri menjadi sebuah jurusan yang dapat aqrasakan sekarang adalah perbedaan SI dengan Teknik Informatika, karena yang paling dekat dengan lingkungan kita sendiri adalah saudara tua kita Teknik Informatika. Menurut cerita teman-teman saya yang sekarang sedang menempuh pendidikan ( bahasanya....) di Teknik Informatika mereka langsung diajari berbagai hal mengenai pemrograman-pemrograman. Di SI sendiri belum sampai ke tahap tersebut, jadi jelaslah sudah perbedaan antara SI dan Teknik Informartika.Untuk Si dengan jurusan komputer selain Teknik Informatika mungkin untuk kali ini saya belum bisa menjelaskan dengan cukup rinci, namun dari 'Computing Curricula 2005' semoga dapat sedikit membantu.Amind ya rabb...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: